Bayi yang baru lahir seringkali membutuhkan proses adaptasi dengan segala hal baru yang bersinggungan dengan kulitnya. Sebagai orangtua, tentunya anda perlu memberikan perawatan yang sesuai dalam usaha untuk membantu proses adaptasi dari bayi anda. Salah satu proses adaptasi yang hampir selalu terjadi pada bayi adalah adaptasi terhadap popok, jika proses adaptasi tidak terjadi dengan baik maka kemungkinan ruam popok dapat timbul pada bayi baru lahir. Dalam hal ini penting bagi orangtua dalam mengetahui ciri ruam popok pada bayi baru lahir lebih dini sehingga nantinya ruam popok dapat segera ditangani dan tidak akan semakin menyebar.

Inilah Ciri Ruam Popok Pada Bayi Baru Lahir

Berikut ini merupakan beberapa ciri ruam popok pada bayi baru lahir yang perlu anda ketahui lebih dini sehingga nantinya tidak akan bertambah parah. Ciri ruam popok yang pertama yaitu seringkali sang bayi merasa gelisah atau tidak nyaman ketika bagian kulit yang akan mengalami ruam dibersihkan atau disentuh. Jika ruam popok sudah terjadi dalam waktu yang cukup lama maka kemungkinan bayi akan menangis ketika terjadi kontak dengan area kulit bayi yang akan mengalami ruam.

Ciri Ruam Popok Pada Bayi Baru Lahir yang Bertambah Parah

Dua ciri di atas merupakan salah satu gejala awal yang dapat terjadi jika sang bayi akan mengalami ruam popok. Ciri selanjutnya yang akan timbul biasanya yaitu bercak merah yang muncul di area kulit yang tertutup oleh popok. Bercak merah tersebut akan terasa gatal dan juga perih jika terjadi kontak dengan tangan sang ibu maupun saat sedang dibersihkan. Itu adalah salah satu ciri ruam popok pada bayi baru lahir yang harus segera ditangani.